Diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwana III, seorang raja Mataram di Yogyakarta. Lahir pada tanggal 11 November 1785 di Yogyakarta dari seorang garwa ampeyan (selir) bernama R.A. Mangkarawati, yaitu seorang garwa ampeyan (istri non permaisuri) yang berasal dari Pacitan. Pangeran Diponegoro bernama kecil Bendoro Raden Mas Ontowiryo. Ia putra tertua dari Sultan Hamengkubuwono III (1811 – 1814). Ibunya, keturunan Kyai Agung Prampelan, ulama yang sangat disegani di masa Panembahan Senapati mendirikan kerajaan Mataram. Bila ditarik lebih jauh lagi, silsilahnya sampai pada Sunan Ampel Denta, seorang wali Sanga dari Jawa Timur. Dalam bukunya, Dakwah Dinasti Mataram, Dalam Perang Dipnegoro, Kyai Mojo dan Perang Sabil Sentot Ali Basah, Heru Basuki menhyebutkan, bahwa saat masih kanak-kanak, Diponegoro diramal oleh buyutnya, Sultan Hamengkubuwono I, bahwa ia akan menjadi pahlawan besar yang merusak orang kafir. Heru Basuki mengutip cerita itu dari Louw, P.J.F – S Hage – M nijhoff, Eerstee Deel Tweede deel 1897, Derde deel 1904, De Java Oorlog Van 1825 – 1830 door, hal. 89.
Suasana
kraton yang penuh intrik dan kemerosotan moral akibat pengaruh Belanda,
tidak kondusif untuk pendidikan dan akhlak Diponegoro kecil yang
bernama Pangeran Ontowiryo. Karena itu, sang Ibu mengirimnya ke
Tegalrejo untuk diasuh neneknya, Ratu Ageng di lingkungan
pesantren. Sejak kecil, Ontowiryo terbiasa bergaul dengan para petani di
sekitarnya, menanam dan menuai padi. Selain itu ia juga kerap berkumpul
dengan para santri di pesantren Tegalrejo, menyamar sebagai orang biasa
dengan berpakaian wulung.
Bupati Cakranegara yang menulis Babad Purworejo
bersama Pangeran Diponegoro pernah belajar kepada Kyai Taftayani, salah
seorang keturunan dari keluarga asal Sumatera Barat, yang bermukim di
dekat Tegalrejo. Menurut laporan residen Belanda pada tahun 1805,
Taftayani mampu memberikan pengajaran dalam bahasa Jawa dan pernah
mengirimkan anak-anaknya ke Surakarta, pusat pendidikan agama pada waktu
itu. Di Surakarta, Taftayani menerjemahkan kitab fiqih Sirat AlMustaqim
karya Nuruddin Ar Raniri ke dalam bahasa Jawa. Ini mengindikasikan,
Diponegoro belajar Islam dengan serius. (Dr. Kareel A. Steenbrink, 1984,
Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia Abad ke 19, Penerbit Bulan Bintang Jakarta hal. 29).
Dalam Babad Cakranegara disebutkan,
adalah Diponegoro sendiri yang menolak gelar putra mahkota dan
merelakan untuk adiknya R.M Ambyah. Latar belakangnya, untuk menjadi Raja yang mengangkat adalah orang Belanda. Diponegoro tidak ingin dimasukkan kepada golongan orang-orang murtad. Ini merupakan hasil tafakkurnya di Parangkusuma. Dikutip dalam buku Dakwah Dinasti Mataram: “Rakhmanudin
dan kau Akhmad, jadilah saksi saya, kalau-kalau saya lupa, ingatkan
padaku, bahwa saya bertekad tak mau dijadikan pangeran mahkota, walaupun
seterusnya akan diangkat jadi raja, seperti ayah atau nenenda. Saya
sendiri tidak ingin. Saya bertaubat kepada Tuhan Yang Maha Besar, berapa
lamanya hidup di dunia, tak urung menanggung dosa (Babad Diponegoro,
jilid 1 hal. 39-40).
Perang besar
Dalam bukunya, Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia Abad ke 19,. Kareel A. Steenbrink, mencatat, sebagian besar sejarawan menurut Steenbrink meyepakati bahwa perang Dipnegoro lebih bersifat perang anti kolonial. Beberapa sebab itu antara lain: 1. Wilayah kraton yang menyempit akibat diambil alih Belanda, 2. Pemberian kesempatan kepada orang Tionghoa untuk menarik pajak, 3. Kekurang adilan di masyarakat Jawa 4. Aneka intrik di istana, 5. Praktek sewa perkebunan secara besar-besaran kepada orang Belanda, yang menyebabkan pengaruh Belanda makin membesar, 6. Kerja paksa bukan hanya untuk kepentingan orang Yogyakarta saja tetapi juga untuk kepentingan Belanda.
Namun menurut Louw, sebab-sebab sosial ekonomis tadi dilandasi oleh alasan yang lebih filosofis yaitu jihad fi sabilillah. Hal ini diakui oleh Louw dalam De Java Oorlog Van 1825-1830, seperti dikutip Heru Basuki: “Tujuan
utama dari pemberontakan tetap tak berubah, pembebasan negeri
Yogyakarta dari kekuasaan Barat dan pembersihan agama daripada noda-noda
yang disebabkan oleh pengaruh orang-orang Barat.”
Hal ini tampak dari ucapan Pangeran Diponegoro kepada Jendral De Kock pada saat penangkapannya. “Namaningsun Kangjeng Sultan Ngabdulkamid. Wong Islam kang padha mukir arsa ingsun tata. Jumeneng ingsun Ratu Islam Tanah Jawi”
(Nama saya adalah Kanjeng Sultan Ngabdulkhamid, yang bertugas untuk
menata orang Islam yang tidak setia, sebab saya adalah Ratu Islam Tanah
Jawa). (Lihat, P. Swantoro, Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu, (2002)).
Kareel
A Steenbrink menyebutkan, pemikiran dan kiprah Pangeran Diponegoro
menarik para ulama, santri dan para penghulu merapat pada barisan
perjuangannya. Peter Carey dalam ceramahnya berjudul Kaum Santri dan Perang Jawa
pada rombongan dosen IAIN pada tanggal 10 April 1979 di Universitas
Oxford Inggris menyatakan keheranannya karena cukup banyak kyai dan
santri yang menolong Diponegoro. Dalam naskah Jawa dan Belanda, Carey
menemukan 108 kyai, 31 haji, 15 Syeikh, 12 penghulu yogyakarta dan 4
kyai guru yang turut berperang bersama Diponegoro.
Bagi sebagian kalangan, ini
cukup mengherankan. Sebab, pasca pembunuhan massal ulama dan santri
oleh Sunan Amangkurat I tahun 1647, hubungan santri dengan kraton
digambarkan sangat tidak harmonis. Namun Pangeran Diponegoro yang
merupakan keturunan bangsawan dan ulama sekaligus, berhasil menyatukan
kembali dua kubu tersebut.
Paduan
motivasi agama dan sosial ekonomi ini menyebabkan Perang Diponegoro
menjadi perang yang sangat menyita keuangan pemerintah kolonial bahkan
hampir membangkrutkan negeri Belanda. Korban perang Diponegoro: orang
Eropa 8.000 jiwa, orang pribumi yang di pihak Belanda 7.000 jiwa. Biaya
perang 20 juta gulden. Total orang jawa yang meninggal,
baik rakyat jelata maupun pengikut Diponegoro 200.000 orang. Padahal
total penduduk Hindia Belanda waktu itu baru tujuh juta orang, separuh
penduduk Yogyakarta terbunuh.
Data ini menunjukkan, dahsyatnya
Perang Diponegoro dan besarnya dukungan rakyat terhadapnya. Oleh bangsa
Indonesia, Pangeran Diponegoro yang dikenal dengan sorban dan
jurbahnya,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar